Monday, August 6, 2007

Chiffon Ketan Hitam

karena aku gak tau ketan hitam inggrisnya apa, utk posting kali ini pake bahasa indonesia saja, daripada makin ngaco...:p


belakangan aku sedang keranjingan dg cake chiffon, metodenya gak ribet dan kuenya enak dan lembut. dulu suka ngumpulin guntingan resep Philip dari Kompas, ada 3 jenis resep chiffon yg aku dapat dan aku mutusin nyoba yg paling simple dulu. seperti biasa, gak bisa kalo cuma ngikutin resep plek, kali ini jg aku modif sendiri resep chiffon pandan, dg mengganti tepung terigu dg tepung ketan hitam dan tidak memakai air daun suji & pewarna.



CHIFFON PANDAN

Bahan A

7 putih telur
½ tsp cream of tartar
75 gram gula

Bahan B

125 gram gula pasir
100 ml santan (kara)
80 gram minyak
7 kuning telur
¼ sdt garam
150 gram tepung
25 ml air daun suji
4 tetes pewarna hijau

Aduk bahan B sampai rata. Sisihkan. (kalo aku aduk gula, telur, santan, minyak & garam dulu, baru masukin tepung).
bahan A: kocok putih telur dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir lalu kocok mengembang.
tuang bahan A ke dalam bahan B sedikit demi sedikit sambil diaduk balik.
masukkan adonan ke dalam loyang chiffon tanpa dioles. Oven 45menit dengan suhu 170 derajat celcius.
setelah matang, telungkupkan loyang di botol. Diamkan sampai kue dingin.
keluarkan kue dengan bantuan pisau. Kerat adonan yang menempel di pinggir loyang. Dorong alas cetakan keatas untuk melepaskan kue dari sisinya. Selipkan pisau di dasar cetakan untuk melepaskan kue dari dasar loyang.

cake ini mengembang dg bagus, menggembung sampai melebihi tinggi loyang tapi setelah ditelungkupkan di luar oven permukaannya akan menjadi rata.
satu2nya kesulitan adalah mematangkan permukaan cake, aku menambah sekitar 20 menit lagi dari waktu yang ditentukan. mungkin ini tdk terjadi jika memiliki oven yg bisa nyala api bawah dan atasnya berbarengan.
walaupun penampakan cake pori2nya besar tapi teksturnya lembut, dan rasanya jelas enak...